Skip to content

pola hidup sehat

November 23, 2012

1. Budaya Hidup Sehat
Ada beberapa hal yang sering dilewatkan dalam menjalani hidup, sehinggaakibat buruk dari kebiasaan ini akan datang mengganggu kesehatan kita. Hal ini bisaterjadi hanya karena kebiasaan hidup yang tidak teratur. Kebiasaan tersebut adalahantara lain melewatkan sarapan, kurang minum air putih, kurang gerak sampaidengan ngemil snack berkalori tinggi.Menurut Pete Cohen, psikolog dan physical trainer, bahwa tidak adamanusia lahir dengan kebiasaan buruk. Kebiasaan ini dipelajari saat tumbuh dewasa.Cara yang paling jitu untuk membuang kebiasaan buruk adalah denganmenggantinya dengan kebiasaan yang lebih baik. Menurut beberapa penelitian,diperlukan pengulangan 20 – 30 kali untuk kemudian menjadi kebiasaan baru.Ada beberapa tips dibawah ini, mengenai cara menghargai hidup denganmenjalani hidup secara sehat dan teratur, yaitu:
1. Minum air putih secara cukup
Kenapa terjadi? tubuh manusia tidak akan memberi sinyal berupa rasa haus sampaitubuh benar-benar kekurangan air atau mengalami dehidrasi.Mengapa air putih? karena dua per tiga tubuh kita terdiri dari air, maka air merupakan unsur terpenting bagi tubuh. Setiap hari kita kehilangan 1,5 liter air lewat kulit, paru-paru dan ginjal (berupa air kencing). Untuk itu kehilangan itu harusdigantikan dengan jumlah yang cukup, sehingga tubuh akan terhindar darikelelahan, sakit kepala, kulit kusam dan bad mood.
2. Sarapan pagi setiap hari
Kenapa terjadi? Alasan yang sering didengar adalah karena tidak cukup waktuuntuk sarapan.Mengapa sarapan? Kalau sarapan terlewatkan maka akan mempengaruhi produktivitas kerja. Untuk itu ‘dengarkan’ tubuh anda dengan melakukan sarapansehat secara rutin setiap hari. Sarapan sehat adalah makanan ringan yang cukup giziseperti segelas susu atau jus buah atau sarapan siap saji yang kaya gizi dan rendahlemak.

3. Makan siang yang bergizi
Kenapa terjadi? Karena biasanya kelebihan karbohidrat sering terjadi saat makansiang, atau kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung protein sebagausumber energi.Mengapa harus bergizi? Biasanya ngemil makanan tinggi kalori akan jadi pilihanutama apabila rasa lapar menyerang, seperti cokelat, keripik atau biskuit, yang banyak mengandung lemak, gula dan garam.Untuk itu memilih makan siang yang bergizi adalah cara yang bijaksana untuk mengatasi rasa lapar. Cara yang bijaksana menurut Dr. Wendy Doyle, ahli diet,dengan cara menambah lauknya, makan sepotong buah atau segelas yoghurt.
4. Siasati makan malam
Kenapa terjadi? Biasanya setelah lelah seharian kerja, maka akan malas kalau harusmempersiapkan makan malam.Mengapa disiasati? Karena biasanya bila tidak mempersiapkan makan malam makafast food atau take-away food, yang pasti mengandung tinggi lemak dan garam.Cara mengatasinya??, makan sesuatu sebelum pulang kantor dan mengisi kulkasdengan bahan makanan yang lebih tahan lama simpan untuk keadaan darurat. Kalauterpaksa membeli makanan, lebih baik hindari makanan yang digoreng dan pikirkanmakanan tersebut mengandung gizi, yang paling tidak, cukup.

Iklan

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: